Hallo, Ada yang mau di tanyakan?

Mengganti Kata Jangan

Mengganti kata jangan, dengan? Bunda pasti tahu kan, ketika melarang anak tidak boleh menggunakan kata larangan ‘jangan’,atau malah bunda baru tahu? Kenapa bisa tidak boleh menggunakan kata ‘jangan’? apa alasannya? Harus di ganti dengan kata dong? Mari bahas satu per satu. Dimulai dengan kenapa tidak boleh menggunakan kata jangan untuk melarang anak melakukan kegiatan yang membahayakan atau dilarang.

Mengganti kata jangan, bukan berarti tidak boleh mengucapkan, untuk sesekali boleh namun lebih baik dihindari ya bunda, misalkan bunda melarang anak duduk di taman yang kursinya masih basah karena sehabis dicat “sayang, jangan duduk di kursi!” contoh kalimat perintah yang membingungkan untuk anak-anak. Anak akan berfikir, ‘apakah aku tidak boleh duduk?’

Jangann

Semacam pertanyaan dalam diri seperti ini akan membingungkan anak. Lebih baik ganti dengan kalimat “sayang duduk disini aja ya, lihat kursi itu catnya belum kering” dengan perkataan yang lembut dan tenang. Si kecil lebih berfikir ‘oh aku ngga boleh duduk dikursi itu karena catnya belum kering, nanti bajuku terkena cat”.

Apakah bunda tau, ketika orang tua terlalu banyak menggunakan kata ‘jangan’ dalam setiap larangan, dampaknya anak menjadi tidak percaya diri, loh kok bisa? Karena anak berfikir apa yang dia lakukan adalah hal yang salah sehingga berdampak bagi rasa percaya diri, mereka akan berfikir ketika dia melakukan suatu hal yang baru akan dilarang oleh orang tuanya dan takut mencoba hal baru karena takut melakukan kesalahan. Si kecil takut untuk mengeksplore hal-hal yang baru, sehingga potensi dia akan stuck ditempat itu saja.

Seperti yang sudah dijelaskan, mengganti kata ‘jangan’ dengan ucapan yang lebih baik seperti contoh di atas, beri pengertian dan penjelasan secara detail. Contoh sederhana ketika anak-anak turun dari tangga, kebiasaan orang tua adalah menggunakan kalimat “awas! Hati-hati” lebih baik menggunakan kalimat seperti “hati-hati ya turun tangganya” lebih detail dan memberikan pengertian.

Masa anak-anak merupakan masa emas tumbuh kembang anak. Masa di mana rasa ingin tahu anak sangat besar untuk mengeksplorasi apa pun yang baru dilihatnya. Pada saat itu, tak jarang orang tua secara sadar atau tidak melarang anak untuk melakukan ini-itu. penggunaan kata ‘jangan’ justru akan berakibat buruk bagi pertumbuhannya.

Hal ini mungkin terasa aneh karena kata tersebut menjadi ampuh digunakan saat orang tua Anda mendidik dahulu. Kata ‘jangan’ menunjukkan ketegasan dalam melarang dan membatasi gerak Anda saat kecil.

Selain itu, bunda dan ayah juga harus mengetahui karakter anak supaya paham bagaimana harus bertindak melarang anak melakukan kegiatan yang membahayakan dirinya.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop