Hallo, Ada yang mau di tanyakan?

Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak

Manfaat membacakan dongeng untuk anak, sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini atau ketika anak masih bayi, tidak ada salahnya juga walaupun dia belum bisa merespon apa yang orang tuanya katakan namun setidaknya setiap kata yang dikeluarkan bunda dan ayahnya ketika bercerita akan masuk ke dalam telinga dan terekam di dalam otaknya, kegiatan ini membantu dalam proses pertumbuhan anak.

Ketika anak menuju jam istirahat atau tidur malam, ini saat yang tepat dimana otak dan semua anggota tubuh merasa rilex, sehingga anak lebih bisa fokus. Sebaiknya orang tua memilih cerita anak yang mengandung pesan moral atau hal-hal kebaikan lainnya. Contohnya cerita dongeng hewan, legenda, dan masih banyak lagi. Tidak perlu lama-lama dalam membacakan dongeng karena anak juga butuh istirahat.

Pastikan juga sang anak sudah membersihkan diri dengan mengganti baju, menggosok gigi, dan sebagainya agar nyaman. Sebetulnya aktivitas dongeng sebelum tidur ini tidak harus dilakukan dengan membaca loh bunda, hanya dengan membolak-balikkan buku dongeng saja anak-anak sudah bisa menirukan bunda dan ayah.

Menceritakan dongeng atau sekedar bercerita biasa serta menyanyi merupakan aktivitas yang sangat baik dalam membangun kemampuan literasi anak, membantu anak dalam mengenal bahasa dan menambah kosa-kata dalam kamus bahasanya. Beberapa manfaat yang di peroleh anak ketika bunda dan ayah membacakan dongeng untuk anak-anak.

Membaca dongengg
  1. Merangsanng Daya Ingat Serta Talenta Dalam Menyimak

Tidak mudah untuk membuat anak fokus pada sesuatu, karena perhatian anak terhadap suatu objek akan terpecah jika ada sesuatu yang lebih menarik menurut dirinya, terkecuali jika sesuatu yang di hadapannya adalah hal yang dia gemari, contohnya cerita dongeng dengan tokoh yang dia senangi, pasti anak-anak langsung antusias. Nah hal ini jadikan sebagai bahan untuk melatih anak supaya lebih fokus terhadap cerita yang akan bunda dan ayah ceritakan.

Dengan sendirinya dia akan lebih berkonsentrasi mendengarkan cerita dan mengingat-ingat setiap adegan yang ada didalam cerita tersebut.

Ketika bunda membacakan cerita dongeng, maka hubungan interaksi antara orang tua dan anak semakin dekat, anak akan mendekatkan diri pada bunda dan ayah dan mengamati setiap perkataan yang orang tuanya katakan, jadikan hal ini sebagai interaksi yang baik, tanyakan apa pendapat anak tentang kejadian yang baru saja bunda dan ayahnya ceritakan. Akan lebih baik jadinya jika orang tua berceria tanpa menggunakan buku dan secara langsung bercerita, melakukannya dengan membelai kepala sang anak, menepuk-nepuk anggota badannya agar anak merasa nyaman.

Setiap penyampaian cerita yang menarik pada anak tentunya akan si kecil akan menyimak cerita tersebut, anak akan merekam bahasa yang di sampaikan oleh ayah dan bundanya bahkan anak juga bisa untuk mengingatnya. Kemudian anak akan mempelajari bahasa tersebut, mencari tahu makna kata yang baru dia ketahui dan menanyakan apa rti kata ini pada orang tuanya.

Kebiasaan anak dalam menyimak cerita yang bunda sampaikan ini akan membawa dampak yang baik untuk anak di masa yang akan datang saat nanti dia di dunia sekolah, anak sudah terlatih menyimak cerita dongeng sejak dia kecil di rumahnya, hal ini akan membantu anak mempermudah anak dalam menyimak materi pelajaran yang di sampaikan oleh bapak ibu gurunya di sekolah.

Itulah beberapa manfaat dari membacakan dongeng untuk anak, semoga dapat membantu bunda dan ayah, sejatinya di usia anak-anak dimana proses pengenalan itu peting untuk tumbuh kembang anak dan proses belajarnya, damping setiap proses belajarnya, tuntun kearah yang baik supaya menjadi anak yang membanggakan keluarga dan negara.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop