Hallo, Ada yang mau di tanyakan?

Anak Yang Terlalu Penakut

Anak yang terlalu penakut, apakah anak bunda termasuk ke dalam anak yang penakut dalam segala hal atau sebaliknya, si kecil pemberani. Keduanya hal wajar kok bunda, jangan terlalu khawatir, hal ini dikarenakan anak masih di usia anak-anak sehingga kedewasaan dan kemampuan untuk mandiri belum dimiliki oleh anak. Namun bunda dan ayah juga tidak bisa tenang-tenang saja dan membiarkan anak dihantui oleh rasa takut, hal ini bisa berakibat di pertumbuhan anak menjadi penakut dan tidak mandiri.

Anak yang terlalu penakut ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya si kecil pernah mengalami trauma pada kejadian saat itu, yang sering di lakukan orang tua dan lingkungannya adalah anak yang ditakut-takuti, bahkan bisa di sebabkan juga oleh kebiasaan orang-orang terdekat yang ada di lingkungan anak berkembang. Maka dari itu kebiasaan atau aktivitas yang dilakukan sebisa mungkin dilakukan dengan benar,karena bagaimanapun juga ada anak kecil yang memperhatikan apa yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya.

Untuk mengatasinya bunda dan ayah bisa menerapkan beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak-anak yang penakut untuk melakukan sesuatu.

anak yang terlalu penakut

Jangan menganggap remeh rasa takut yang dimiliki anak, tunjukan bahwa sebagai orang tua yang bisa memahami sepenuhnya termasuk hal-hal yang si kecil; takuti, untuk meminimalisir rasa takut anak, bunda dan ayah bisa memeluk untuk menenangkan hati dan pikirannya, kemudian katakan bahwa semua akan baik-baik saja.

Mencari tahu apa yang telah terjadi juga sangat penting loh bunda, dengan cara bicara pada anak dan tanyakan apa yang telah terjadi, katakan pada si kecil bahwa bunda memahami apa yang di rasakan anak, bicarakan baik-baik bahwa itu bukan masalah yang besar dan berikan motivasi untuk menyelesaikannya, berikan semangat untuk menghadapinya. Contohnya ketika anak takut berkunjung ke rumah sakit,takut karena ada dokter yang akan menyuntiknya,

“kenapa?kamu takut sama bu dokter ya?takut di suntik? Tidak apa-apa,hanya sakit sebentar, dulu bunda juga pernah disuntik loh, sakitnya sebentar kok sayang”

Yang sering dilakukan orangtua yaitu membesar-besarkannya, hal ini akan membuat anak semakin yakin bahwa yang ditakutinya benar—benar sesuatu yang mengerikan.

Orang dewasa saja suka di beri hadiah, apalagi anak-anak. Maka tidak salahnya jika bunda dan ayah memberikan hadiah yang anak sukai, jangan lupa berikan pujian karena telah menyelesaikan masalah yang si kecil hadapi.

Bermain pura-pura, maksutnya? Ketika kita sebagai orang tua di tuntut untuk memberikan rasa nyaman untuk anak-anak salam segala hal, contohnya ketika sedang bermain sang anak berpura-pura menjadi penyanyi, maka berpura-puralah bunda dan ayah menjadi penonton dan sangat terpukau dengan suara sikecil, hal ini baik untuk melatih mental anak ketika berada di depan banyak orang.

Itulah beberapa kiatkiat yang bisa bunda dan ayah lakukan ketika anak-anak mulai merasa takut dengan sesuatu, semoga membantu bunda dalam mengatasi anak yang mudah merasa takut atas sesuatu hal.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop